FKIP UNIVERSITAS SAMAWA

Jl. Bypass Sering, Kerato, Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. 84316, Kec. Unter Iwes, Kab. Sumbawa

Dosen FKIP Universitas Samawa menggelar Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan TIK dan Media Pembelajaran Bagi Guru

Jum'at, 13 Nopember 2020 ~ Oleh admin ~ Dilihat 75 Kali

Dosen-dosen FKIP Universitas Samawa menggelar Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan TIK dan Media Pembelajaran Bagi Guru SDN Leseng Moyo Hulu pada tanggal 3 November 2020 yang bertempat di SDN Leseng Moyo Hulu. Para peserta yaitu guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena melihat perkembangan teknologi yang semakin maju memaksa guru-guru agar selalu Up to date dalam mengenal dan memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran.

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Dekan FKIP Universitas Samawa Ibu Erma Suryani, M.Pd berlangsung lancar, karena dengan suguhan materi yang sangat mendukung dengan kondisi pembelajaran saat ini khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini.

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar baik di lembaga pendidikan formal seperti sekolah, universitas ataupun di lembaga non formal seperti lembaga bimbingan belajar dan tempat kursus lainnya adalah media yang digunakan atau dimanfaatkan dalam proses mengajar. Itulah mengapa pemilihan dalam menetapkan media merupakan hal yang sangat penting dan harus dipertimbangkan secara seksama oleh guru, para pengajar.

Pentingnya pemilihan media mengharuskan guru, para pengajar melihat media apa saja yang relevan dan tepat digunakan pada saat ini, yang sesuai  dengan situasi dan perkembangan zaman. Salah satunya adalah media berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Lalu apa itu teknologi informasi dan komunikasi yang biasa disingkat dengan TIK.  Teknologi informasi dan komunikasi terdiri dari 2 apek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya (Puskur Diknas Indonesia). Sehingga dapat kita ambil kesimpulan bahwa TIK merupakan segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, alat yang digunakan untuk mengelola dan memindahkan informasi melalui berbagai media.

Erma Suryani, M.Pd mengatakan "Kegiatan ini adalah suatu gerakan bagi kami sebagai akademisi lulusan kependidikan untuk membantu guru-guru yang mungkin masih kurang mengetahui betapa banyaknya inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang sebenarnya bisa diterapkan khususnya pada pandemi Covid-19 ini"., (AE)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

ERMA SURYANI, M.Pd

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Segala puji hanya bagi Allah SWT, karena atas segala nikmat Nya, website Fakultas Keguruan…

Selengkapnya

KATEGORI