Berbagai cara dilakukan oleh tiap-tiap Fakultas untuk memeriahkan Dies Natalis Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar Ke-21 Tahun 2019.

Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yakni melaksanakan Lomba Siswa Cerdas. Kegiatan meliputi Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pidato, Lomba Essay, Lomba Selfie, dan Lomba Kreativitas Simbawa.

Kegiatan diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK di Kabupaten Sumbawa.
Kegiatan akan berlangsung selama Dua Belas hari, sejak tanggal 14 hingga 25 Desember. Pemenang lomba akan diumumkan pada malam puncak acara Dies Natalis, Sabtu (28/12/2019).

Khusus untuk Lomba Kreativitas Siswa (LKS), akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020 mendatang. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengakomodir hasil-hasil inovasi siswa SMA/MA/SMK di Kabupaten Sumbawa, yang akan ditampilkan LKS untuk dipersentasikan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNSA, Erma Suryani, M.Pd., menyampaikan, kegiatan tersebut selain untuk memeriahkan Dies Natalis UNSA, juga untuk membangun Skill, Talenta, dan Kreativitas siswa

Lanjut Erma, kegiatan tersebut juga sejalan dengan tema besar Dies Natalis UNSA Ke-21 Tahun 2019 yakni UNSA Mendukung Unggul Skill, Unggul Talenta, dan Unggul Kreatif.

Ketua Panitia Dies Natalis UNSA Ke 21 Tahun 2019, Dr. Adnan Ibrahim, M.Pd., mengatakan, dalam rangka perayaan Dies Natalis UNSA ke 21, diadakan berbagai pelombaan yang melibatkan pelajar seperti Lomba Takraw, Voly, Lomba Cerdas Cermat (LCC), lomba esai, lomba pidato dua bahasa, dan lomba kreatifitas siswa (LKS), lomba foto selfi, lomba bakelung, dan lomba pashionshow.

Lomba-lomba terdebut diadakan sebagai wadah pengembangan potensi, bakat, dan keterampilan siswa. Hal tersebut sejalan dengan tema yang diusung pada diesnatalis Unsa ke 21 tahun ini.

Dalam hal ini, UNSA mewadai pengembangan bakat dan potensi siswa, dengan harapan siswa-siswa di Sumbawa menjadi unggul dan dapat bersaing dengan siswa-siswa di daerah lain.
“Siswa –siswa di Sumbawa sesungguhnya memiliki potensi yang tidak kalah dengan siswa dan siswi dari daerah lain,” ungkapnya.

Ditambahkan, hingga usia 21 tahun ini, UNSA telah memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap peningkatan SDM di kabupaten Sumbawa. Dimana, lulusan UNSA sudah mencapai lebih dari 10.000 orang dan sudah bekerja diberbagai sektor seperti Pemerintahan dan Swasta.

Terpisah, Rekor UNSA Dr. Syafruddin, SE. MM., menyampaikan apresisasi dan dukungan atas seruluh kegiatan yang digelar oleh FKIP tersebut. Terlebih, kegiatan tersebut dilaksanakan sangat membantu para pelajar dalam mengembangkan diri untuk lebih kreatif dan inovatif sehingga menjadi generasi unggul.