INDAH DWI LESTARI,M.Pd

KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI 

 

Sejarah Singkat Prodi Pendidikan Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi merupakan salah satu Program Studi dalam lingkungan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa yang didirikan Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 225/E/O/2011 tertanggal 12 Oktober 2011. Sebagai tindak lanjut Surat keputusan tersebut, maka dikeluarkan Surat Keputusan Izin penyelenggaraan Nomor 225/E/O/2011 tertanggal 12 Oktober Tahun 2011. Pada tahun 2016, Program Studi Pendidikan Biologi telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan memperoleh peringkat C dengan nilai berdasarkan SK Nomor : 0363/SK/BAN-PT/S/IV/2016.

Program  Pendidikan Biologi merupakan  salah  satu-satunya Program Studi yang akan mencetak tenaga guru Biologi di pulau Sumbawa. Keberadaan Program Pendidikan Biologi akan memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap pemenuhan sumber daya tenaga pendidik di pulau Sumbawa, khususnya guru Biologi, dalam hal ini IPA di sekolah dasar dan menengah yang berada di wilayah Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, dan Bima, bahkan di daerah lainnya seperti NTT dll.

Visi Program Studi Pendidikan Biologi

Visi Program Studi Pendidikan Biologi adalah :MenjadiProgram StudiPendidikan Biologi sebagai pusat pengembangan sumber daya pendidik yang profesional denganmemanfaatkan sumber daya daerah yang memiliki daya saing global tahun 2022.

Misi Program Studi Pendidikan Biologi

Misi Program Studi Pendidikan Biologi merupakan turunan dari misi Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Samawa yang tercermin dalam tiga Misi Tri Dharma perguruan tinggi yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi
  2. Menyelengarakan penelitian secara berkelanjutan dibidang pendidikan biologi yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menyelengarakan  pengabdian kepada masyarakat bidang Pendidikan Biologi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.

Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi

Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa merujuk kepada Visi dan Misi yang diemban Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa, yaitu

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan berdaya saing di bidang Pendidikan Biologi.
  2. Menghasilkan sarjana yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri dan mampu berkembang secara profesional.
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan biologi
  4. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan biologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, inovatif, produktif dan sejahtera.